EXCEL - Pengenalan


PENGENALAN MICROSOFT EXCEL

  1. Baris Judul (Tittle Bar), bagian ini berisi nama file dan nama program aplikasi yang sedang kita aktifkan.
  2. Baris Menu (Menu Bar), bagian ini berisi barisan perintah berupa menu, seperti menuFile, Edit, View, Insert, Format, Tools, Data, Window dan Help.
  3. Baris Toolbars (Toolbars), bagian ini berisi tombol-tombol yang digunakan untuk menjalankan suatu perintah dengan cepat dan mudah, khususnya perintah-perintah yang sering digunakan.
  4. Tombol Ukuran (Sizing Button), bagian ini berisi tombol-tombol untuk mengatur ukuran jendela kerja Microsoft Excel.
  5. Task Pane, bagian ini merupakan bagian yang akan membantu kita pada saat mwnyunting (mengedit) lembar kerja. Jendela task Pane ini akakn ditampilkan secara otomatis dan isinya menyesuaikan dengan pekerjaan yang sedang kita lakukan.
  6. Baris Penggulung Tegak (Vertical Scroll Bar), bagian ini ditujukan untuk menggeser layar ke atas atau ke bawah.
  7. Baris Penggulung Mendatar (Horizontal Scroll Bar), bagian ini ditujukan untuk menggeser layar ke kanan atau ke kiri.
  8. Baris Rumus (Formula Bar), bagian ini akan menampilkan informasi mengenai isi sel yang sedang aktif di lembar kerja.

RUMUS-RUMUS DALAM MS EXCEL

Rumus-rumus di MS-Excel sebenarnya banyak, lebih banyak dari yang pernah Anda bayangkan (meski tak menyentuh angka ribuan). Mempelajari semua rumusnya hanya akan membuat Anda botak! Padahal rumus yang dipakai palingan 5-20 rumus saja. Karena itu, saya menuliskan sedikit rumus yang tersedia dan yang sering dipakai. Saya berusaha menuliskannya dengan baik dan mudah dimengerti. Semoga Anda paham maksud rumus-rumus tersebut. Rumus-rumus ini aslinya ditulis dalam Bahasa Inggris dan beberapa dengan singkatan, sehingga saya agak kesulitan (bahkan keterangannya juga tidak cukup menjelaskan maksud beberapa rumus ini).
  • =SUMIFS(sum_range; range_kriteria_1; kriteria_1; range_kriteria_2; kriteria_2… dst)
Untuk  penjumlahan dengan multi kriteria.
  • =SUM(angka 1; angka 2; …)
Untuk menjumlahkan sederetan angka.
  • =AVERAGE(angka 1; angka2; …)
Untuk menghitung nilai rata-rata.
  • =COUNT(value 1; value 2; …)
Untuk menghitung banyak data dari sederetan data angka dalam suatu range.
  • =MAX(angka 1; angka 2; …)
Untuk mencari nilai terbesar.
  • =MIN(angka 1; angka2; …)
Untuk mencari nilai terkecil.
  • =SQRT(angka)
Untuk mencari akar kuadrat.
  • =FV(suku bunga; jumlah periode pembayaran; pembayaran tiap periode; nilai penanaman modal saat ini)
Untuk menghitung nilai kemudian dari suatu investasi dengan besar pembayaran yang sama serta bunga yang tetap dalam periode tertentu.
  • =PMT(suku bunga; jumlah periode; nilai sekarang; nilai kemudian; tipe pembayaran)
Untuk menghitung nilai angsuran secara periodik untuk melunasi nilai pijaman berdasarkan periode, dengan pembayaran dan bunga yang konstan.
  • =PPMT(suku bunga; jumlah periode; nilai sekarang; nilai kemudian; tipe pembayaran)
Untuk menghitung nilai pokok pembayaran untuk membayar kembali suatu nilai pinjamandalam jangka waktu yang ditentukan.
  • =VLOOKUP(kunci; range tabel; nomor kolom)
Untuk mengambil data dari tabel lain secara vertikal.
  • =HLOOKUP(kunci; range tabel; nomor kolom)
Untuk mengambil data dari table lain secara horizontal.
  • =IF(tes logika; nilai jika benar; nilai jika salah)
Untuk menguji kebenaran dari suatu kondisi.
  • =LEFT(teks; karakter yang akan diambil)
Untuk mengambil karakter dari kiri.
  • =MID(teks; start dari; karakter yang akan diambil)
Untuk mengambil karakter dari posisi tengah.
  • =RIGHT(teks; karakter yang akan diambil)
Untuk mengambil karakter dari kanan.
  • =IF(string; nilai jika benar; nilai jika salah)
Untuk menguji kebenaran dari suatu kondisi.
  • =EOMONTH(tanggal awal; jumlah bulan sebelum atau sesudah tanggal awal)
Untuk mengetahui tanggal terakhir dari suatu bulan.
  • =WORKDAY(tanggal awal; hari libur selain tanggal awal; pilihan dari satu atau beberapa tanggal diluar kalender kerja)
Untuk menghitung jumlah hari kerja.
  • =ROUND(angka yang akan dibulatkan; jumlah pembulatan)
Untuk membulatkan bilangan.
  • =COUNTIF(range yang akan dihitung; syarat)
Menghitung jumlah sel yang memenuhi syarat tertentu.
  • =DATE(tahun; bulan; tanggal)
Untuk menuliskan tanggal.
  • =DAY(tanggal)
Untuk mengambil nilai hari dari suatu data tanggal.
  • =MONTH(tanggal)
Untuk mengambil nilai bulan dari suatu tanggal.
  • =YEAR(tanggal)
Untuk mengambil nilai tahun dari suatu tanggal.

0 Response to "EXCEL - Pengenalan"

Posting Komentar